RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SD Negeri 01 Jetis
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : V / I
Alokasi Waktu : 2x35 menit
A. STANDAR KOMPETENSI
4. Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses.
B. KOMPETENSI DASAR
4.2 Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap.
C. INDIKATOR
1. Kognitif
4.2.1 Menjelaskan perubahan sifat benda akibat dari pembakaran, pemanasan, pendinginan, pembusukan dan perkaratan.
2. Afektif
4.2.2 Membuktikan perubahan benda karena adanya suatu proses (dipanaskan, dibakar, dicampur air dan pembusukan)
3. Psikomotorik
4.2.3 Mengidentifikasikan perubahan sifat benda yang bersifat sementara dan bersifat tetap.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Kognitif
Melalui ceramah bervariasi dan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan perubahan sifat benda akibat dari pembakaran, pemanasan, pendinginan, pembusukan dan perkaratan dengan baik.
2. Afektif
Melalui demonstrasi, siswa dapat membuktikan perubahan benda karena adanya suatu proses (dipanaskan, dibakar, dicampur air dan pembusukan) dengan benar.
3. Psikomotorik
Melalui penugasan dan diskusi, siswa dapat mengidentifikasikan perubahan sifat benda yang bersifat sementara dan bersifat tetap dengan benar.
E. DAMPAK PENGIRING
Setelah pembelajaran usai siswa diharapkan dapat memilih cara untuk mengubah wujud benda sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan dan dapat menghindari faktor negatif (pembusukan dan perkaratan) akibat dari perubahan benda dalam kehidupan sehari-hari
F. MATERI PEMBELAJARAN
BSE Materi ipa kelas 5
G. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Model: Cooperative Learning Tipe STAD
2. Metode :
a. Ceramah bervariasi
b. Tanya jawab
c. Demonstrasi
d. Diskusi
e. Penugasan
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No | Tahap | Kegiatan belajar mengajar | Metode | waktu |
1. | Awal | a. Salam pembuka b. Apersepsi : Guru mengingatkan siswa tentang materi yang telah lalu. c. Observasi : Guru menanyakan kepada siswa, “Pernahkah kalian memakan es krim lalu es krim itu mencair?” d. Motivasi; Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. | | 10 menit |
2. | Inti | a. Eksplorasi : 1) Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai perubahan sifat benda. 2) Siswa memperhatikan demonstrasi yang dilakukan guru, yaitu guru memanaskan lilin, membakar kertas, serta menunjukkan beberapa benda akibat dari pembusukan dan perkaratan. 3) Siswa mengamati perubahan yang terjadi. 4) Siswa menjawab pertanyaan guru yang berhubungan dengan materi. b. Elaborasi 1) Siswa memberi contoh tentang perubahan sifat benda yang bersifat sementara dan tetap. 2) Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok terdiri dari 4-5 orang siswa. 3) Siswa memperhatikan instruksi yang diberikan guru. 4) Tiap kelompok mendiskusikan tugas yang diberikan guru, yaitu berupa teka-teki silang. 5) Guru membimbing diskusi kelompok siswa. c. Konfirmasi 1) Guru bersama siswa membahas hasil kerja kelompok. 2) Siswa diberi kesempatan untuk bertanya jika ada materi yang belum jelas. 3) Siswa bersama guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari. 4) Guru memberi hadiah untuk siswa yang teraktif dalam mengikuti pembelajaran. | Ceramah bervariasi Demonstrasi Pengamatan Tanya jawab Tanya jawab Diskusi Tanya jawab | 45 menit |
3. | Penutup | a. Siswa mengerjakan evaluasi individu b. Guru memberikan PR c. Salam penutup. | penugasan | 15 menit |
I. SUMBER BELAJAR DAN MEDIA
1. Sumber Belajar:
a. Silabus
b. Fokus Buku Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SD/MI Kelas V, Penerbit Cv Sindunata.
c. Bse Senang Belajar Ipa Untuk Kelas V SD, Karangan S. Rositawaty dan Aris Muharam.
d. Bse Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Kelas V SD, Karangan Heri Sulistyanto Dan Edy Wiyono.
2. Media:
a. Lilin
b. Korek api
c. Kertas
d. Roti busuk
e. Gambar-gambar benda yang mengalami perubahan sifat.
J. PENILAIAN
1. Prosedur : tes akhir.
2. Bentuk : tes.
3. Jenis : tertulis.
4. Instrumen : terlampir.
EVALUASI INDIVIDU
1. Kayu yang sudah mengalami proses pembakaran akan menjadi . . . . .
2. Apabila air didinginkan maka akan berubah wujud menjadi . . . . .
3. Air akan berubah wujudnya menjadi uap atau gas apabila mengalami . . . . .
4. Perkaratan pada besi dapat menyebabkan besi mengalami perubahan . . . . . dan . . . . .
5. Agar buah tetap segar dan tidak busuk maka buah harus di simpan di dalam . . . . .
6. Pembusukan pada roti disebabkan oleh . . . . .
7. Salah satu contoh perubahan fisika adalah . . . . .
8. Perubahan pada buah yang sudah busuk, termasuk dalam perubahan . . . . .
9. Untuk mencegah perkaratan pada besi yang dilakukan adalah . . . . .
10. Salah satu penyebab perkaratan adalah . . . . .
Kunci jawaban:
1. Arang
2. Es
3. Pemanasan
4. Warna dan kekerasan
5. Kulkas / freezer
6. Bakteri
7. Perubahan wujud pada air
8. Biologi
9. Pengecatan
10. hgfhKarena terkena air
Tidak ada komentar:
Posting Komentar